Bahasa Indonesia,  Cambodia,  Languages,  Phnom Penh,  Shopping

Pasar Rusia (Psar Toul Tom Poung), Phnom Penh (Bahasa Indonesia)

Pasar ini lebih kecil daripada Pasar Central. Anda boleh menemukan pakaian, tekstil, sutra, DVDs rompakan, dekorasi rumah, pasar basah (buah-buahan, sayur-sayuran sebagainya) makanan jajanan yang di masak. Tempat ini mengingatkan saya pada versi yang lebih kecil dari Pasar Chatuchak  di Bangkok.

Apa yang terkenal di tempat ini adalah pakaian kelebihan yang sangat murah harganya.

Brutal jujur:

Tantangan berbelanja di tempat ini iailah mebedakan antara barangan kelebihan desainer, palsu( ya adanya barangan palsu di pasar ini, ada yang sangat jelas, ada yang beberapa tidak begitu)dan barangan “grey”. Barangan “Grey” tampak asli tapi mungkin memiliki label di dalam yang mengatakan ia diperbuat oleh kilang di Vietnam, Kamboja dan sebagainya. Mungkin mereka memangnya asli. Hanya saja mereka meletakkan label yang salah. Atau ia barangan kelebihan sehingga kilangnya menjahit lael sendiri di dalam. Terserah anda untuk memutuskannya. Ia sangat penting untuk berada dalam perspektif bahawa barang-barang ini sangat murah, tidak terlalu penting jika mereka palsu bila anda berharap anda merobek sebuah asli.

Tantangan yang lain adalah menemuka ukuran sesuai anda. Tolong jangan mengaharapkan toko-gaya membeli-belah di mana mereka memiliki barangan dalam semua ukuran dan warna.  Ingat, ini pasar kelebihan. Sering sekali, hanya ada satu helai dari barangan itu. Saya tidak bermaksud satu helai dari satu ukuran.  Maksudku hanya ada satu helai dari desain tertentu. Sila mengelola ekspektasi tentang menemukan desain dalam warna yang berbeda/ukuran.

Tidak ada kamar ganti pakaian.

Saya membeli celana pendek Adidas dari pasar dengan harga US$5 ( saya cukup yaki ia asli. Ia kelihatan dan terasa asli. Juga, ia memiliki label asli Adidas di bagian dalam celana pendek). Barangan lain yang tampaknya asli kelihatan (saya tidak benar-benar menghabiskan terlalu banyak waktu memeriksa apakah mereka benar asli seperti saya tidak tertarik atau ia bukan ukuran yang tepat sebagainya) termasuk Kemeja-T GAP, Banana Kemeja-TRepublic , Kemeja-TAeropostale , Kemeja-TAdidas , Nautica, Abercrombie dan Fitch

Selain warung-warung di pasar, beberapa toko sekitar Pasar Rusia juga menjual barang kelebihan  desainer, meskipun dengan harga yang lebih tinggi (tapi masih tawaran yang sangat besar). Tawar-menawar tidak dibenarkan. . Yang terbaik dari toko-toko ini adalah FOS (Factory Outlet Store). Semua barangan yang asli. Bayangkan mendapatkan kemeja Polo Ralph Lauren  hanya US $ 25,95. Juga kelihatan Emporio Armani, Boss, Calvin Klein, Abercrombie and Fitch,  Levi, Tommy Hilfiger di antara mereka yang lain. Berhawa dingin.  Kamar ganti pakaian. Ukuran dan warna yang tersedia ada. Membeli lebih dari  US $ 100 dan anda bisa menjadi anggota yang segera hak anda untuk menerima diskon 10% pada tagihan anda serta pembelian masa depan. Mereka juga memiliki cabangan di Sihanouk Boulevard, berdekatan Monumen Kemerdekaan.

Beberapa pintu berjauhnya, Ekspor 21 memiliki jeans denim banyak banyak merek (Calvin Klein, Levi, Pull and Bear sebagainya). Lain pakaian kelihatan: Billabong, Abercrombie and Fitch, Emporio Armani sebagainya Hati-hati: ada juga beberapa palsu pintar. Beli di atas US $ 100 dan anda bisa menjadi anggota yang segera hak anda untuk diskon 10% pada tagihan anda dan serta juga pembelian masa depan.

Namun, di toko-toko ini, bersiaplah untuk  staf penjualan yang lesu dan marah. Mereka akan sering mengatakan bahawa mereka tidak memiliki ukuran yang anda inginkan, tidak berusaha untuk memeriksa, sampai anda menyerahkan item kembali kepada mereka, dengan mengatakan itu ukuran yang salah. Hanya kemudian akan mereka memeriksa ukuran yang anda inginkan untuk anda. Mungkin mereka benci orang asing yang datang dan membeli barangan desainer dengan banyak saat  staf, harus menepuk turun oleh petugas keamanan setiap kali mereka meninggalkan toko.

Tidak ada restoran Barat sekitar Pasar Rusia. Yang ada hanya KFC. Bersiaplah untuk mengisi di KFC jika anda berniat untuk menghabiskan waktu lama di sini.

Terus terang, berbelanja di toko-toko desainer kelebihan sebegini dan mendapatkan semua penawaran hebat  yang membuat percutian saya di Phnom Penh. Sangat dianjurkan.

Booking.com