Bahasa Indonesia,  Languages,  Restaurants,  Singapore

Boon Tong Kee Nasi Ayam, Singapura (Bahasa Indonesia)

Boon Tong Kee adalah restoran yang didirikan di Singapura, menawarkan Nasi Ayam dan hidangan Cina di beberapa lokasi yang tersebar di seluruh pulau.

Apa itu Nasi Ayam?

Ayam yang dikukus atau dipanggang, dihidangkan bersama dengan nasi (lebih disukai yang dimasak denagn kaldu ayam dibandingkan hanya dengan air saja) dan irisan mentimun mentah. Ayam dicelupkan ke dalam kecap asin atau saus sambal.

Karena Boon Tong Kee terkenal dengan Nasi Ayamnya, maksud saya, bahkan selebriti Hong Kong dan Taiwan mampir untuk makan nasi ayam tersebut ketika mereka mengunjungi Singapura, saya memutuskan untuk mampir pada suatu hari ke gerai mereka di Katong untuk mengetahui apakah nasi ayam tersebut tepat seperti yang diharapkan. Katong adalah surga pecinta makanan di kawasan timur Singapura, dekat dengan pantai dan bandara.

Saya memesan seporsi ayam kukus  untuk satu orang (SGD $ 4) dan nasi (SGD $ 0.50). Pelayannya cerdik. Saya ingin menikmati sedikit sayuran juga, sehingga saya menanyakan apakah mereka memiliki porsi kecil untuk sayuran tumis. Porsi terkecil SGD $ 7. Ia menjawab bahwa porsi terkecil sesuai untuk satu orang. Jadi langsung saja saya memesan  porsi terkecil tersebut. Ketika tiba, ternyata porsinya lebih sesuai untuk dimakan 3-4 orang bersama-sama.

Sejujurnya, tidak ada ynag luar biasa pada ayam ini. Tidak begitu lembut atau apapun yang spesial. Tambahan lagi, porsi ayam tidaklah murah hati. Adapun nasinya, saya yakin pernah merasakan yang lebih enak di tempat lain, di mana nasinya benar-benar lezat dan rasa kaldu ayam pada nasi terasa kuat dan pekat. Di sini, nasi terasa biasa dan hambar.

Nasi Ayam adalah hidangan yang amat sangat umum di Singapura. Bahkan dianggap sebagai makanan nasional Singapura. Nasi Ayam dijual dimana-mana – Anda dapat dengan mudah mengkonsumsinya (ayam dan nasi) di tempat makan ber-AC manapun dengan harga SGD $ 4. Dengan kata lain, Boon Tong Kee agak membebankan harga premium, mungkin disebabkan oleh reputasi yang dimilikinya.

Boleh dibilang, bagian terpenting dari Nasi Ayam adalah saus sambal. Ini yang dapat membuat lezat atau merusak hidangan Nasi Ayam tersebut. Harus pedas tentunya, dan memiliki kekhasan  tertentu yang sulit dijelaskan. Saus sambal di sini biasa saja.

Boon Tong Kee juga menyediakan Anda sepiring kecil sayuran pilihan (SGD $ 1) dan handuk basah (SGD $ 0.50). Jangan ragu meminta pelayan untuk membawanya pergi ketika Anda pertama kali duduk jika Anda tidak berniat untuk mengkonsumsi / menggunakannya dan Anda tidak akan dikenakan biaya.

Terlepas dari kekhawatiran di atas tentang Nasi Ayam dan “kejujuran” pelayan, harus dinyatakan bahwa layanan di sini cepat. Saya disambut dan diantar ke meja segera begitu melangkah masuk ke restoran. Meskipun merupakan nama besar di Singapura, setidaknya staf masih memiliki kerendahan hati untuk menyambut para pelanggan.